Rabu, 25 Juli 2012

Pembagian Ruang Pada Cermin Cekung

pada pembelajaran cermin cekung, kita harus memahami adanya konsep pembagian ruang. pembagian ruang ini digunakan untuk mempermudah menganalisis pembentukan bayangan pada cermin cekung. adapun pembagian ruang pada cermin cekung adalag sebagai berikut :

1. Ruang I   : ruang diantara cermin dan titik fokus
2. Ruang II  : ruang diantara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin
3. Ruang III : ruang yang berada dibelakang titik kelengkungan cermin sampai titik tak berhingga
4. Ruang IV : ruang yang berada dibelakang cermin
Pembagian ruang pada cermin ini untuk memudahkan kita menganalisis pembentukan bayangan pada cermin cekung dengan menggunakan persamaan berikut :

Analisis pembentukan bayangan pada cermin cekung dapat ditentukan pada ruang dimana benda diletakan terhadap cermin cekung. Berdasarkan pembagian ruang pada cermin cekung maka kita dapat menganalisis 3 kondisi bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung yaitu :
1. Jika benda berada pada ruang 1 (R1) maka bayangan pasti berada pada ruang 4 (RIV). jika bayangan berada pada ruang 4 maka sifat bayangan yang dibentuk adalah maya, tegak, diperbesar.
2.  Jika benda berada di ruang 2 (RII) maka bayangan pasti jatuh pada ruang 3 (RIII). Bayangan yang berada di ruang 3 memiliki sifat nyata, terbalik, dipebesar.
3. Jika benda berada di ruang 3 (RIII) maka bayangan pasti jatuh pada ruang 2 (RII). bayangan yang berada di ruang 2 memiliki sifat nyata, terbalik diperkecil.
Dengan memahami konsep pembagian ruang ini, kita akan jauh lebih meudah menganalisis pembentukan bayangan serta sifat dari bayangan tersebut.

soal :
1. suatu benda terletak pada jarak 25 cm didepan cermin cekung dengan jarak fokus 15 cm. Tentukanlah sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung tersebut !

jawab:
Nyata, terbalik, diperbesar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar